on 1 comment

Keindahan Menurut Pandangan Umum

Pada umumnya ungkapan mengenai keindahan di dalam kenyataan sehari-hari, baik dinyatakan sendiri maupun yang didengarkan dari orang lain, ditujukan kepada sesuatu yang menimbulkan rasa senang, rasa puas, rasa nyaman, atau rasa bahagia di dalam jiwa pada saat kita mengalaminya. Ada bermacam-macam hal yang biasa menimbulkan perasaan seperti itu, yang secara umum dapat dibedakan atas dua golongan. Pertama, hal yang sifatnya alami seperti akibat peristiwa alam (misalnya bentuk awan, warna langit, matahari terbenam, suara atau kejaran ombak, suara air mengalir, stlatnik, dan lain-lain) dan bentuk makhluk ciptaan Tuhan (misalnya kuda, burung, ikan, kembang, pohon, tubuh manusia dan lain-lain). Kedua, hal yang merupakan hasil olahan atau karya manusia, seprti bentuk bangunan, bentuk kendaraan, bentuk peralatan rumah tangga, lukisan, patung, ukiran, nyanyian, musik, tarian, dan lain-lain). Pada umumnya objek-objek yang menimbulkan rasa senang, rasa puas, rasa nyaman atau bahagia itulah kemudian disebut sebagai hal yang indah. Hal-hal indah yang sifatnya alami disebut "keindahan alam", sedangkan hal-hal indah yang merupakan karya atau hasil olahan manusia disebut "keindahan seni".

Beberapa pengertian "indah" atau "keindahan" yang umum dijadikan pijakan di dalam berbagai diskusi yang berkaitan dengan keindahan, antara lain:
  • Pengertian menurut kamus, "indah adalah suatu kualitas yang membuat senang penginderaan dan kegembiraan batin".
  • George Santayana mengatakan bahwa, "keindahan (=pengertian yang mengacu pada objek) itu adalah objektivasi rasa senang".
  • Sokrates menyatakan bahwa, "keindahan adalah segala sesuatu yang menyenangkan dan memenuhi keinginan terakhir".
  • Immanuel Kant mengatakan bahwa, "keindahan adalah sesuatu yang menyenangkan tanpa pamrih dan tanpa adanya konsep-konsep tertentu".
Daftar Pustaka
Sukarman B, 2006. Estetika. Makassar: Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Makassar.

1 komentar: